Baju Operasi Mengapa Desainnya Jauh dari Kesan Modis? Ini Alasannya

Baju Operasi Mengapa Desainnya Jauh dari Kesan Modis? Ini Alasannya

Baju operasi adalah perlengkapan wajib yang dikenakan dokter, perawat, maupun ahli anestesi saat melakukan tindakan di ruang operasi. Desain dan bahannya pun disesuaikan dengan proses operasi yang dinamis dan fleksibel.

Operasi dilakukan jika ditemukan adanya indikasi tertentu yang mengharuskan bagian tubuh tersebut untuk segera mendapatkan tindakan operasi dengan alasan kesehatan maupun keselamatan seorang pasien. Selama proses operasi berlangsung, pasien akan diberi tindakan anestesi atau pembiusan, baik lokal atau total.

Baju Operasi Mengapa Desainnya Jauh dari Kesan Modis Inilah Alasannya
kids.grid.id

Warna dan Model Baju Operasi

Baju yang dikenakan dokter, perawat, dan ahli anestesi saat melakukan tindakan operasi di semua rumah sakit adalah sama, yakni berwarna hijau atau biru. Pernahkah timbul pertanyaan dalam benak Anda mengapa baju tindakan operasi di seluruh rumah sakit hanya berwarna hijau atau biru? Begini penjelasannya.

Alasan pemilihan kedua warna tersebut adalah karena berlawanan dengan warna darah (merah). Penggunaan warna hijau dan biru pada baju tindakan operasi mulai dikenalkan pada abad-20. Kala itu, para ahli psikologi memaparkan bahwa kedua warna tersebut mampu menyegarkan pandangan dan sistem saraf otak sehingga dokter dan tim medis yang bertugas dapat berkonsentrasi penuh saat melakukan tindakan.

Pengerjaan operasi bisa berlangsung berjam-jam lamanya. Hal ini dapat menyebabkan mata mengalami kelelahan dikarenakan banyak melihat warna merah dari darah. Warna merah pada darah inilah yang menyebabkan otak kesulitan membedakan warna-warna lain. Fakta ini diungkapkan oleh para dokter yang menyatakan bahwa warna merah tersebut sangat mengganggu saat mengalihkan pandangan.

Model Pakaian Operasi

Desain pakaian operasi dibuat lebih simpel dibanding busana lain. Umumnya, desain atasannya berupa baju kurung tanpa kancing/pengait/resleting, begitu juga dengan bawahannya. Jadi desain baju operasi sama sekali tidak terkesan modis.

Pakaian operasi juga dibuat tanpa motif dan variasi apapun. Hal ini bertujuan agar para tenaga medis mudah mengenakannya sekaligus mempermudah kinerja mereka.

Adapun syarat bahannya adalah memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga pengguna tidak merasa panas atau gerah saat melangsungkan operasi, kuat, higienis, dan dapat menyerap keringat. Umumnya, bahan tersebut adalah sejenis kain katun atau linen.

Mengingat baju operasi memegang peranan penting saat melakukan tindakan, maka sebuah rumah sakit wajib memiliki stok yang memadai. Percayakan hal ini pada konveksi Bandung Pukau Konveksi. Dapatkan bahan berkualitas dan penawaran harga terbaik yang Kami sediakan.

Easysoftonic